Rangkaian Pemancar FM Sederhana

Pemancar FM ini merupakan rangkaian dasar pemancar FM yang mudah dibuat. Rangkaian ini sangat powerful meski hanya menggunakan sedik... thumbnail 1 summary
Pemancar FM



Pemancar FM ini merupakan rangkaian dasar pemancar FM yang mudah dibuat. Rangkaian ini sangat powerful meski hanya menggunakan sedikit komponen dan tegangan 3V. Dapat menembus tiga lantai dalam gedung dan sampai 300 meter pada udara terbuka. Frekuensinya bisa di ubah-ubah selama dalam radius band FM dan bisa juga dimodifikasi untuk frekuensi di luar band FM.

KOMPONEN

MIC        = mikrophone
R1           = 22k
R2           = 1M
R3           = 10k
R4           = 47k
R5           = 470R
C1           = 223pf
C2           = 100nf
C3           = 102pf
C4           = 5.6pf
C5           = 27pf
C6           = 223pf
C7           = 470uf/16V
T1           = BC547
T2           = BC547
VC1        = Trimmer 6-45pf
L1            = 1uh (5 lilitan)
BAT        = 3V – 5V

DESKRIPSI RAGKAIAN

Rangkaian ini diseting pada frekuensi radio (RF) yang beroperasi sekitar 100MHz. Suara audio masuk melalui mikrophone kemudian dikuatkan dengan rangkaian amplifier dengan transistor pertama. Keluaran dari kolektor transistor pertama masuk ke base transistor kedua, memodulasi resonator frekuensi (induktor 5 lilitan dan trimmer kapasitor) dengan memvariasikan simpangan kapasitansi kapasitor. Junction Kapasitansi adalah fungsi dari perbedaan potensial diterapkan pada basis transistor. Rangkaian tank yang Terhubung dalam rangkaian osilator.

KALIBRASI RANGKAIAN

Letakkan rangkaian kurang lebih 10 meter dari radio. Atur frekuensi radio antara  89-90 MHz. Nyalakan pemancar FM dan berbicara didekat mikrophone. Renggangkan kumparan kira-kira 1mm sehingga tidak ada kawat yang saling menempel. Gunakan obeng kecil untuk memutar trimmer kapasitor. Jauhkan obeng dari trimmer setelah setiap pemutaran trimmer agar rangkaian RC tidak terpengaruh oleh noise kapasitansi. Atau gunakan obeng plastik. Jika kesulitan menemukan frekuensi pancaran cobalah minta bantuan teman untuk memutar frekuensi radio setelah setiap memutar trimmer pada pemancar. Satu putaran penuh trimmer kapasitor akan mencakup kapasitansi dari 6pF sampai 45pF. Untuk menentukan Band FM normal dengan memutar trimmer kira-kira sepersepuluh lebih sedikit. Jadi dengan memutar 5-10 derajar setiap putaran.

CATATAN

Anda bisa mencoba rangkaian pemancar FM diatas dengan tegangan 6v atau 9V, apakah biasa meningkatkan jangkauan atau tidak. Sensitivitas dapat ditingkatkan dengan menurunkan resistor 22K ke 10K.
Selamat mencoba.....!

Semoga bermanfaat

No comments

Post a Comment