Rangakaian Soft Start untuk power supply

Mungkin anda pernah mengalami saat menyalakan perangakat elektronika tiba-tiba listrik anjlok, seperti saat menyalakan Tv, pompa air, rice... thumbnail 1 summary
Mungkin anda pernah mengalami saat menyalakan perangakat elektronika tiba-tiba listrik anjlok, seperti saat menyalakan Tv, pompa air, rice cooker, amplifier dll. Ini sering disebut tarikan awal biasa terjadi karena peralatan yg telah disebutkan membutuhkan arus yang besar sehingga ketika listrik rumah kita menggunakan daya yang kecil akan langsung drop karena kelebihan beban. Selain listrik rumah padam, meteran listrik juga akan akan sedikit membengkak karena adanya tarikan awal yang berat.

Soft start merupakan rangkaian untuk mencegah listrik turun/ anjlok saat peralatan dengan daya besar dihidupkan sehingga dapat menghemat listrik atau mecegah listrik akibat tarikan awal peralatan listrik yang biasanya memakan banyak listrik terutama pada peralatan yang menggunakan kapasitor bank besar seperti pada power supplay amplifier.

Soft Start Rangkaian
Soft Start
Arus listrik yang melewati soft start mula-mula akan dibatasi oleh rangkaian resistor seri R4-R7 selama kurang lebih 1,5 detik hingga relay menutup. Ketika relay menutup maka arus langsung mengalir tampa dibatasi. Pembatasan arus beberapa saat dimaksudkan untuk pengisian kapasitor bank atau mengaktifkan listrik beban berat secara perlahan sehingga mecegah skring panas atau speedometer anjlok. 

Skema Soft Start
Skema Soft Start
Daftar Komponen
R1, R2 470K 0.25W 1% mf
R3 220R 0.25W 1% mf
R4, R5, R6, R7 10R 5W
C1 330n 250V
C2, C3 470uF 40V elco
B1 B250C1500
Re1 24V (250V-8A)
F1 Skring

Ingat !! Rangkaian ini terhubung ke listrik tegangan tinggi jadi jangan coba-coba memegangnya saat dinyalakan. hehe...
ini layout pcbnya
layout pcb soft start
layout pcb soft start

Yang berminat download layout soft start versi pdf silahkan download dibawah ini :

klik all layer
klik top layer
klik bottom layer

Sekian semoga bermanfaat.

No comments

Post a Comment